Jumat, 28 Agustus 2009

Melaksanakan ibadah Umrah di Masjidilharam

Melaksanakan ibadah Umrah di Masjidilharam

Ibadah Umrah adalah ibadah yang HANYA dapat dilakukan didalam Masjidilharam (Ka'bah Baitullah) dan diluarnya (Bangunan Sa'i) di kota Mekkah saja.
Bangunan Masa'i (lokasi Sa'i = tempat ibadah berjalan kaki) walaupun kini telah disatukan (merupakan kesatuan) dengan Bangunan Masjidilharam, tetaplah secara hukum bukan tempat utama untuk sholat.
Ibadah Umrah ==> apabila dilakukan dari Miqat terdekat (dari Tan'im +/- 6 km barat daya Masjidilharam) ===> membutuhkan waktu hanya +/- 2 (dua) jam saja.
Jadi selama berada di Mekkah, Pelaku Umrah dapat melakukan IBADAH UMRAH beberapa kali .... sendiri (atau bersama teman) .... sampai dengan thowaf Wada' (waktunya meninggalkan Mekkah).
Ziarah ke Masjid Nabawi di Madinah dan ziarah ke sekitarnya ... sebenarnya TIDAK ADA HUBUNGAN langsung dengan pelaksanaan Umrah dan Haji.
Sekalian melakukan ibadah UMRAH ... Pelaku Umrah/Haji ..... dapat melakukan ====> ZIARAH (kunjungan) ......... Ke Jabal Nuur (+/- 6km dari Masjidlharam tinggi 200 meter, timur laut) / Jabal tsur (+/- 5 km selatan Masjidilharam) ..... dikedua bukit ini hanya sampai dikaki bukit saja (karena tinggi dan jauh/lamanya waktu menuju puncak goa, turun naik diperlukan waktu seharian penuh dan kondisi tubuh yang prima, sebaiknya pergi sendiri saja bersama teman dengan taxi).
Jabal Rohmah (bukit setinggi 32 meter) / Ke Masjid Nabawi di ... MADINAH, Maqam Rasulullah SAW, Raudatul Jannah, Jabal Syuhada Uhud (selatan), JAbal Abyadh = Bukit Putih/ bukit MAGNIT (selatan) ... bukit magnit ini serupa dengan yang ada di salah satu pulau diKorea selatan, ...... Pasar Kurma (barat daya) +/- 500 meter dari Masjid Nabawi, Minum Susu Unta, Ke Percetakan Al Qur'an dan Kitab Hadits di Madinah (barat laut), Masjid Khandak/Parit dan Masjid dua kiblat (qiblatein) di Barat laut, Masjid Quba dan Masjid Jum'at di Selatan. Masjid Apung dan Balad tempat belanja di JEDDAH.
Labbaika Allaahumma Labbaik, Labbaika La syariikalaka Labbaik, Innal hamda wanni'mata laka walMulk laa syariikalak.
Kuta'ati perintahMu Yaa Allah, Aku datang memenuhi perintah-Mu, sesungguhnya segala Puji dan kenikmatan berasal dari-Mu, Engkaulah Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa.
Rasulullah Nabi Muhammad SAW. antara tahun ke 8 dan 9 Hijriyah, melakukan ibadah Umrah sebanyak +/- 4 (empat) kali.
Tgl. 10 Dzulhijjah tahun 9 Hijriyah ====> sa'at berada disekitar Mekkah; Rasulullah Nabi Muhammad SAW. melakukan Sholat Idul Adhha dan Penyembelihan Hadyu Qurban di Lapangan Masjid Khaif kota Mina. Beliau Rasulullah SAW. pada tahun ini ada melakukan ibadah Umrah ... tetapi tidak diteruskannya sampai ibadah Haji.
Jadi seluruh ... Ibadah-ibadah Umrah Rasulullah Nabi Muhammad SAW. ...(yang +/- 4 kali itu) ... dilakukan ... SEBELUM MELAKSANAKAN IBADAH HAJI .. pada tahun ke 10 Hijriyah.
... dan sesudah melaksanakan ibadah Haji (satu kali) .... Beliau tidak pernah Umrah lagi.
Wahai manusia yang merasa dan mengaku beriman, beribadahlah karena tau ilmunya tulus / luruslah dan sungguh-sungguhlah dalam beribadah .... bersihkanlah akhlaqmu ........ janganlah kamu beribadah karena ikut-ikutan ataupun karena menuruti hawa nafsumu dan keduniawian semata !

lihatlah kedepan ke jalan yang lurus ....... "Murnikanlah keta'atanmu hanya ..... kepada Allah SWT. .... dan kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW.".
Tersirat Sabda Rasulullah Nabi Muhammad SAW. dijalan yang lurus saja, .... 98,7% dari manusia yang merasa dan mengaku beriman ===> tersesat ...... "KARENA TIDAK MURNI TA'ATNYA" ---> "karena KEDUNIAWIAN" "karena merasa diri lebih" ---> "karena ibadah memperturutkan HAWANAFSUnya semata" ...... hati-hatilah ........... wara' ..... waspadalah !. karena hawanafsu ada padamu dan selalu bersamamu .. manusia.
TATA TERTIB IBADAH UMRAH meliputi :
========================
1. menuju lokasi MIQAT; lalu... menuju Masjidilharam mekkah;
lokasi MIQAT ... adalah Titik awal / tempat dan waktunya START ... untuk mulai a). Bersuci ... b). Sholat Sunnah 2 (dua) raka'at ... c). Mulai menguatkan niatnya dengan melafadzkan niat Umrah/Hajinya. ...d). Mulai memakai Pakaian Ihram ... e). Mulainya berlaku "Larangan Ihram" ... f). Mulainya Melafadzkan talbiyah ... g). Mulainya bergerak menuju Masjidilharam Mekkah;
2. Di Masjidilharam .... melakukan THOWAF UMRAH, mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 (tujuh) putaran ...... arah putaran thowaf berlawanan dengan arah putaran jarum jam; ... berawal dan berakhirnya dari dan di Sudut Hajar Aswad;
setelah selesai 7 putaran tersebut .... dari sudut Hajar Aswad .. lalu .. mencari tempat untuk melakukan ..
3. Sholat 2 (dua) Raka'at dibelakang Maqam Nabi Ibrahim; .. lalu berjalan menuju ke atas Bukit SOFA untuk mulai melakukan SA'I;
4. Setibanya di Atas Bukit SOFA ...... mulailah berjalan ... menuju Atas Bukit MARWAH (terhitung satu Hitungan);.. lalu dari Atas Bukit MARWAH berjalan ... menuju Atas Bukit SOFA (terhitung satu hitungan) ... demikian itu terus menerus dilakukan, sampai pada hitungan ke 7 (tujuh);
5. pada hitungan ke tujuh, selesainya di Atas Bukit MARWAH; .. lalu lakukan CUKUR untuk mengakhiri Ihram, lalu... LUKAR (buka Ihram).
Dengan CUKUR ...... maka berakhirlah / selesailah seluruh Ibadah UMRAH.
Ibadah UMRAH ... bila dilakukan dari MIQAT .... terdekat ... dari TAN'IM yang jaraknya +/- 6 km barat laut Masjidilharam, hanya menghabiskan waktu +/- 2 (dua) jam saja.
Miqat ini banyak dikunjungi kendaraan umum (Bus/Coaster/Taxi ... bolak-balik ... Masjidilharam - Tan'im), biayanyapun murah hanya +/- 2 Real Saudi saja sekali jalan ... perorangnya.
Ibadah UMRAH ... bila dilakukan dari MIQAT .... terdekat ... dari JA'RONAH yang jaraknya +/- 23 km Timur Laut Masjidilharam, Miqat ini khusus diambil dalam perjalanan Ziarah disekitar Mekkah, sehabis ziarah ke Arafah dan Masy'arilharam - Mina, .... Miqat ini sangat sepi dan bukan jalan raya yang hidup, Jalur ini biasanya dipakai oleh mereka yang datang melalui jalan darat khususnya dilalui Pelaku Umrah - Haji ... dari Negara Iraq dan dan sekitarnya.
kendaraan Bus/Coaster/Taxi ....pun biasanya Carteran (borongan pulang-pergi), ... tidak ada kendaraan umum yang Bolak-balik seperti di Tan'im.
dari Miqat ini hanya menghabiskan waktu +/- 3 (tiga) jam saja.
Apabila dilakukan dari MIQAT .. terjauh ... dari daerah DZULHULAIFAH / ABYAR ALI .... yang jaraknya +/- 450 km Utara Masjidilharam, menggunakan Bus/Coaster .... hanya menghabiskan waktu +/- 8 (delapan) jam. .... karena lama dan jauhnya, waktunya habis di perjalanan saja.
Miqat dari Dzulhulaifah / Abyar Ali ... ini ... biasanya dilakukan apabila .. PAKET .... kunjungan pertamanya ke Madinah dulu ... setelah itu baru ke Mekkah.
Ibadah Umrah yang dipandu oleh .... Travel Umrah - Haji, biasanya dilakukan terbatas ..... hanya 2 (dua) kali saja, ...... yaitu ....... 1)..dari Dzulhulaifah / Abyar Ali (apabila Paket pertamanya dari Madinah) .... atau dari TAN'IM ........... dan ..... 2). dari JA'RONAH.
Jadi apabila Pelaku Wisata Umrah ..... ingin Umrah lagi ...... harus dilakukan sendiri atau bersama teman sekamar atau teman sekelompoknya.
cari ... Bus/Coaster/Taxi untuk menuju TAN'IM ... ada banyak tersedia di depan Halte Sieb Amir (50 meter dari lokasi Rumah kelahiran Nabi Muhammad SAW/ yang sekarang dijadikan perpustakaan umum). ... hitungannya perorang +/- 2 (dua) Real Saudi, ... kalau naik Taxi .... +/- 10 (sepuluh) RS untuk lima orang sekali jalan. ..... pulangnya ... menuju Masjidilharam ... biayanya juga sama.
KEGIATAN DI MIQAT :
==============
1. Bersuci (mandi besar/mandi Junub) bagi yang belum melakukan di tempat tinggalnya;
2. BerWudhu,
3. Ganti pakaian yang biasa .... dengan pakaian Ihram (kain Ihram).
Bagi WANITA, boleh mengenakan pakaian yang disukainya, asal tertutup, tidak menyerupai pakaian laki-laki, tidak memperlihatkan perhiasan tubuhnya, dan tidak merangsang.
4. Sholat Sunnah Tahieyatul Masjid 2 (dua) Raka'at.
Mengenai Sunnah Sholat 2 (dua) Raka'at disini (di Miqat) ada yang berpendapat bahwa ini merupakan Sholat Ihram. .... Rasulullah SAW ... disatu tempat Miqat hanya sholat 2 (dua) raka'at ini saja ... dan langsung berangkat.
Sedangkan Ihram secara otomatis "mulai berlaku sa'at pelaku Umrah/ Haji melafadzkan niat Umrah/ Hajinya di Miqat), untuk itu tidak diperlukan Sholat lagi.
Tetapi karena Pelaku Umrah-Haji dalam perjalanan (SAFAR) .... maka dapat melakukan Sholat-sholat Wajibnya .. secara Qoshor di Jama' Taqdim (waktunya dimajukan) / Jama' Ta'khir (waktunya dimundurkan) ...... dan apabila sholat berjama'ahnya dilakukan secara Jama'Qoshor .. "Imamnya" .. harus dari sesama Safarnya (teman seperjalanannya) ........ kecuali Sholat Wajibnya tidak di Jama'Qoshor (dikerjakan pada waktunya) ..... dan .... Sholat Jum'at ... imamnya .... dari Masjid setempat.
5. Mulai melafadzkan / menguatkan Niatnya Untuk Umrah/Haji.
6. Mulai Dzikir dan bertalbiyah ... sambil menuju kendaraan ... untuk segera menuju ke Masjidilharam.
KEGIATAN DI MASJIDILHARAM :
===================
1. Masuk kedalam Masjid, langsung berjalan mendekati Ka'bah, ........ Talbiyah yang sejak dari MIQAT dilafadzkan, begitu bertemu dengan Ka'bah, segera dihentikan lalu ...... menuju Sudut Hajar Aswad untuk mulai Thowaf;
2. Dari Sudut Hajar ASWAD ini mulailah berjalan memutari Ka'bah (dengan arah putaran yang berlawanan dengan arah putaran jarum Jam), bagi laki-laki Bahu kanan dibuka.
Untuk seluruh Thowaf ini cukup hanya 2 (dua) do'a Pokok saja.
Dari Sudut Hajar Aswad sampai Sudut Rukun Yaman, membaca do'a 1, ..... lalu dari Sudut Rukun Yaman menuju Sudut Hajar Aswad membaca do'a 2.
Apabila ada kesempatan dapat mengecup ... Hajar Aswad lakukanlah selagi didalam thowaf, apabila tidak dapat mendekatinya, cukup melambaikan tangan dari jauh saja.
Demikianlah Dari Sudut Hajar Aswad ... berputar ... sampai ... di Sudut Hajar Aswad ... terhitung 1 (satu) putaran. .... ualangi putaran ini sampai 7 (tujuh) kali putaran.
Putaran terakhir ... berakhir di Sudut Hajar Aswad, begitu selesai 7 (tujuh) kali putaran;
(apabila mengambil putaran terlalu dekat ke Ka'bah ... .. untuk satu putaran .. membutuhkan waktu yang lebih sedikit .... dibandingkan apabila pelaku Thowaf melakukannya agak jauh dari Ka'bah).
3. lalu menuju kearah belakang Maqam Ibrahim (menara kaca tempat jejak tapak kaki Nabi Ibrahim AS. diletakkan), jarak ini +/- 20 meter timur dari Sudut Hajar Aswad atau +/- 20 meter dari depan Pintu Ka'bah. .... mencari tempat ...... untuk melakukan SHOLAT 2(dua) raka'at.
4. selesai SHolat .... segera menuju ... Bukit SOFA di arah tenggara sudut Hajar Aswad .... jaraknya +/- 130 meter dari KA'BAH.
KEGIATAN DITEMPAT MASA'I (Lokasi Sa'i) :
==========================
5. sesampainya diatas Bukit SOFA .... mulailah berjalan menuju ... Atas Bukit MARWAH (perjalanan satu lintasan SOFA - MARWAH ini dihitung satu lintasan).
Bukit MARWAH ini jaraknya +/- 350 meter dari Ka'bah (timur laut Ka'bah),
Sesampainya diatas Bukit MARWAH .... mulai lagi berjalan menuju ... Atas Bukit SOFA (perjalanan satu lintasan MARWAH - SOFA ini juga dihitung satu lintasan).
Lakukan perjalanan di Masa'i (tempat Sa'i) ini sampai hitungan ke 7 (tujuh).
Do'a didalam Sa'i => Bacaannya hanya ada 3 saja yaitu : a). sa'at tiba/berada diatas Bukit Sofa atau dibukit Marwah (berdo'a dengan mengangkat tangan kearah Ka'bah BAitullah, do'a dibaca/diulangi 3 kali) ....
b). selagi berjalan dari Sofa menuju Marwah (dan sebaliknya dari Marwah menuju Sofa). ...
c). selagi berada diantara 2 (dua) PILAR Lampu Hijau.
Bacaan doa dari Rasulullah Nabi Muhammad SAW, adalah sangat ringkas-singkat dan pokok-pokoknya saja (selebihnya dapat ditambahkan sendiri). Jadi pelajarilah yang pokoknya dulu !
Mulainya tadi dari Atas Bukit SOFA ..... Berakhirnya di Atas Bukit MARWAH.
Jarak dari Atas Bukit SOFA .... sampai ke Bukit MARWAH .... +/- 390 meter (tembok ke tembok = 400 mtr).
(panjang jalan dan waktunya SA'I, dapat dihitung 7 x 390 meter = 2.730 meter, +/- membutuhkan waktu 1,5 jam saja. ... apabila satu sa'at yang bersamaan banyak Pelaku Umrah yang melakukan Sa'i ... dengan sendirinya membutuhkan waktu lebih lama).
Ditengah-tengah antara Bukit SOFA dan Bukit MARWAH .. ini .... terdapat "PILAR-LAMPU WARNA HIJAU" dulunya adalah LEMBAH didantar SOFA -MARWAH; diarea ini yang jaraknya +/- 70 meter disunnahkan untuk RAMAL (berjalan cepat dengan langkah pendek).
Begitu selesai hitungan ke 7 (ketujuh) diatas Bukit MARWAH ........ selesailah sudah seluruh pekerjaan SA'I.
Lalu dari Atas Bukit MARWAH ... lakukanlah ... CUKUR untuk mengakhiri Ihram .... .... lalu LUKAR (buka ihram)
Dengan Berakhirnya CUKUR .... maka berakhirlah "Larangan Ihram". ... sekaligus ... Berakhirlah Rangkaian ibadah UMRAH.
Sholat Mutlak dan Sholat Arbain .... tidak ada dalil hukum dan keterangannya di dalam Al Qur'an maupun didalam Hadits, ..... sebaiknya tidak dita'ati.
Sebaiknya selagi masih di Mekkah dan Madinah, Sholatlah di Masjidilharam atau di Masjid Nabawi ..... karena waktu tidak akan pernah kembali .... dan kita tidak tau kapan kita akan mendatangi kedua Masjid ini lagi.
Sholat Sunnah dibelakang Maqam Ibrahim dapat dilakukan kapan saja (Rangkaian Umrah/Haji) ..... dapat dilakukan setiap waktu / sepanjang waktu (selama 24 jam) .... untuk itu ... Waktu Mutlak di Masjidilharam TIDAK BERLAKU ....... (waktu mutlak = sesudah Sholat Subuh dan sesudah Sholat Ashar).
Bacaan ibadah Umrah atau Haji : Apabila meneladani Rasulullah Nabi Muhammad SAW .... dalam ... Thowaf - Sa'i, Wukuf, ..... bacaan DO'Anya semuanya ringkas; jelas; yang pokok saja; singkat; tidak panjang-panjang; tidak banyak; tidak bermacam-macam. ... selebihnya dapat ditambah sendiri.
Jadi Pelajari dan hafalkan yang pokok saja, itu yang penting.
Harap diperhatikan : DIHARAMKAN selagi dalam Ihram, untuk melakukan PERNIKAHAN dan atau menikahkan orang lain.
Harap para pelaku Umrah tidak mencampur adukkan Ibadah dengan Wisata (keduniawian).
CATATAN :
di Masjid Nabawi, Apabila masuk dari pintu 17 dan 18, disalah satu ruangannya (ditengahnya), Pelaku Umrah/Haji, dapat meminta Al Qur'an yang bagus secara ... GRATIS .... (+/- 2 box = .. buah, senilai 100 RS), syaratnya CUKUP hanya dengan menyerahkan SURAT Permintaan dari Yayasan atau KBIH atau Perguruannya, Surat tsb dibuat dalam Bahasa Arab atau English, dicap dan ditandatangani (hari dan jam bukanya ... tertentu).
Apabila di Masjidilharam Mekkah di dekat Pintu Umrah (biasanya pagi/waktu Dhuha), dapat meminta / memperoleh hanya 1 (satu) Al Qur'an saja ... tapi antriannya panjang.
Kursi dorong bagi yang udzur, dapat disewa di sekitar Babu Sofa.
Kehilangan barang di sekitar Masjidilharam : dapat dicari juga disekitar Babu Sofa (ruang khusus barang temuan).
Kehilangan orang / teman tersesat, dapat dilaporkan kepada petugas masjid diluar bagian Pintu Umrah.
PERHATIAN :
pelaku Haji/ Umrah ...... Harap membeli dan membawa barang seperlunya saja, karena banyak barang bawaan pelaku Haji yang dianggab overweight kelebihan berat pesawat, dan akhirnya disuruh tinggal di Bandara Jeddah/ Madinah ... menjadi sia-sia dibeli ... karena tidak boleh dimasukkan kedalam pesawat .... ingatlah barang pelaku Haji/ Umrah dibatasi hanya 30 kg saja ... kalau lebih ... terpaksa ditinggal .... atau sehari sebelumnya kebandara kirim sendiri/ suruh teman/ keluarga disaudi untuk mengirimkannya melalui Expedisi pengiriman barang ... ongkosnya tidak mahal.
Kalau CABIN barang yang dibawa sendiri kepesawat ... berat boleh tapi bungkusan/ tasnya tidak boleh besar, sekuat angkatnya saja.
Membawa uang dalam jumlah banyak ... harap ditaruh dibanyak tempat yang tersembunyi di barang-barang anda ...... agar kalau hilang ... tidak semuanya.
bila membawa uang banyak .... jangan ditunjukkan kepada orang lain atau terlihat orang lain ... karena akan selalu ada orang yang akan meminjamnya atau mengambilnya.
selalulah berhati-hati ... karena hawa nafsu (syaiton) selalu ada terbawa bersama manusianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar